Jumat, 31 Mei 2024

KOMITMEN MENULIS DI BLOG

 RESUME PERTEMUAN KE 12 KBMN PGRI GEL 31

Oleh : Cicin Resnawati


Malam kamis,tanggal 29 Mei 2024 adalah pertemuan ke 12 dari kelas belajar menuliss nasional gelombang 31.Terus terang karena pekerjaan pekerjaan yang dikejar deadline,maka malam ini saya baru bisa menulis resume dari pertemuan tersebut.

Pertemuan ke 12 ini dilakukan secara zoom meet,dengan narasumber Bpk. Drs.Dedi Dwitagama,M.Si dan Koko Sim Chungwei,SP sebagai moderator.Topik pertemuan kali ini adalah Komitmen Menulis di Blog.Diawal pertemuan selain memperkenalkan diri narasumber juga bertanya kepada beberapa peserta siapa dosen atau guru yang masih diingat sampai saat ini.

Syarat utama dalam menulis adalah memiliki kepercayaan diri yang tinggi,sebagus apapun tulisan kita apabila tidak sipublikasikan akan percuma.Zaman sekarang menulis bukan hanya dibuku namun bisa juga melalui digital salah satu contohnya adalah blog.

Langkah langkah yang harus kita perhatikan dalam menulis diblog,yaitu:
  1. Tentukan tujuan 
  2. Buat Outline
  3. Mulai menulis
  4. Ikut komunitas
  5. Baca tulisan orang lain
  6. Menulis tentang apa saja


Selanjutnya adalah bagaimana cara mengalahkan diri sendiri? hal yang paling sulit adalah mengalahkan diri sendiri karena kita harus berperang dengan rasa malas dan keraguan dalam menulis.Hal inilah yang sedang saya rasakan saat ini,untuk mengatasi masalah tersebut kita harus menetapkan tujuan yang jelas,mengambil langkah kecil setiap hari dan mengingat alasan utama mengapa kita mulai menulis.

Sekian dan terima kasih....

1 komentar:

Technical Meeting Peserta KmL Wilayah utara

  Hari ini tanggal 1 Juni bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila,panitia KML melaksanakan technical meeting.Kegiatan KML ini dilaksanakan...