Rabu, 08 Mei 2024

MOTIVASI MENULIS DAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN


 

RESUME PERTEMUAN KE 6 KBMN PGRI GELOMBANG 31

Oleh : Cicin Resnawati

Malam ini adalah pertemuan ke 6 kelas menulis nusantara,pertemuan kali ini dipandu oleh koko Sim Chung Wei beliau adalah alumni kelas menulis gelombang ke 26 dan seorang pengajar di SD Saint Peter School Jakarta Utara dan narasumber malam ini adalah Bapak Dail Ma’ruf,M.Pd,beliau peserta KBMN gelombang 20 selain itu beliau adalah ketua yayasan YASALAM dan editor di portal Melintas.id.

Seperti biasa kelas kali ini di bagi 4 sesi yaitu :

  1. Pembukaan dan perkenalan
  2. Pemaparan materi
  3. Sesi tanya jawab
  4. penutup
Pertemuan malam ini mengambil tema "Motivasi Menulis dan Blog Sebagai Media Pembelajaran",materi yang sangat menarik karena  sesuai dengan perkembangan zaman yang serba digital, hal ini sesuai dengan pemahaman  Ki Hajar Dewantara dimana kita harus mengajar sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman yaitu pendidikan yang sesuai dengan lingkungan alam dan kodisi perkembangan  zaman.

Diawal pertemuan bapak narasumber memberikan kata kata motivasi dalam menulis yaitu;
  1. Dengan menulis maka penulis mendapat mahkota dan bisa terkenal seperti raja
  2. Dengan menulis maka penulis dapat abadi meski jasadnya telah tiada kembali keseemula
  3. Menulis merupakan cara untuk berbagi ilmu kepada pembaca,dan sebagai investasi tak terbatas
  4. Dengan menulis mala level penulis sudah menjadi ilmuwan dan dapat bergaul dengan bernagai kalangan 
  5. Dengan menulis akan tambah bahagia.
Buku solo pertama beliau adalah



Lima point penting blog diera digital yaitu:
  1. Guru Sebagai pengelola laman blog dapat dengan mudah menggunakan fitur fitur yang tersedia dalam blog untuk mengupload materi pelatihan maupun melakukan evaluasi belajar yang dilakukan secara online
  2. Blog sebagai media pembelajaran secara umum dapat diterapkan pada peserta didik disemua jenjang
  3. Peserta didik di zaman sekarang sudah terbiasa mencari dan mengakses informasi yang dibutuhkan dari berbagai situs maupun web.
  4. Sebagian besar peserta didik mengakses internet ddengan menggunakan World Wide Web
  5. Mereka mengakses web untuk mengakses sumber informasi melaui penelusuran web dan lebih menyukai browsing melalui website,berkomunikasi menggunakan email dll.
Ada 5 mamfaat blog sebagai media pembelajaran 
  • Blog sebagai rumah belajar guru; rumah belajar bagi guru dalam bentuk blog bukan hanya bermamfaat bagi pribadi guru namun akan bermamfaat luas bagi muridnya.
  • Meringankan tugas guru dalam mengajar ; memanfaatkan blog untuk mengajar dengan cara meng upload bahan ajar di blog,murid bisa menjawab langsung di laman blog kita,hal ini bisa membuat pembelajaran lebih efektif dan efisien
  • Meningkatkan minat belajar ; dengan pemamfaatan blog maka pembelajaran tidak membosankan,ada variasi selain media yang telah ada
  • Dapat diakses oleh orang orang di seluruh dunia
  • Menjalin silaturahmi sesama bloger.
Maka sebagai pengajar di era digital ini kita harus memamfaatkan blog sebagai salah satu media pembelajaran yang mampu meningkatkan minat belajar murid,menciptakan suasana belajar yang nyaman dan bahagia  sehingga mereka bisa berkembang sesuai potensi yang mereka miliki dan tentunya pembelajaran lebih bermakna.

Demikianlah resume dari saya
Terima kasih.....


                "Jangan pernah berhenti belajar,karena hidup tak pernah berhenti memberi pelajaran"


15 komentar:

Technical Meeting Peserta KmL Wilayah utara

  Hari ini tanggal 1 Juni bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila,panitia KML melaksanakan technical meeting.Kegiatan KML ini dilaksanakan...