Senin, 06 Mei 2024

RESUME PERTEMUAN KE 5 KBMN PGRI GELOMBANG 31

                 

PUSTAKA AI : MENGARUNGI DUNIA BARU MENULIS BUKU AJAR

                                                                Oleh : Cicin Resnawati



Senin,tanggal 6 Mei adalah pertemuan ke 5 dari KBMN PGRI Gelombang 31,pertemuan kali ini dipandu oleh ibu Nur Dwi Yanti (NDY) dan ibu Dr.Mudafiatun Isriyah,S.Pd,M.Pd.,CPM sebagai narasumber beliau adalah seorang pengajar di FIP prodi BK UNIPAR Jember.Tema malam ini adalah Pustaka AI: Mengarungi Dunia Baru Menulis Buku Ajar.

Seperti biasa pertemuan dibagi 4 sesi yaitu:

  1. Pembukaan 
  2. Pemaparan materi
  3. Tanya jawab
  4. Penutupan
Pertemuan kali ini membahas teentang bagaimana kita memamfaatkan teknologi AI dalam merancang sebuah buku ajar,Pengertian AI itu sendiri adalah sebuah mesin buatan yang bisa membantu kita dalanm segala hal.Ada sepuluh slide yang harus kita butuhkan untuk merancang membuaat buku,yaitu:
  1. Pengetahuan tentang kecerdasa buataan (AI),yang terdiri dari ; Pembelajaran mesin,pemrosesan bahasa alami (Natural),pengenalan pola,pengolahan citra (image procesing) dan sistem pakar (expert system),khusus untuk guru SD harus disesuaikan dengan silabus mata pelajaran yang diampu.
  2. Prinsip Pembelajaran :Seorang penulis perlu mengerti prinsip prinsip dasar pembelajarann termasuk pembelajaran aktif,kolaboratif,dan berbasis masalah.Pemahaman ini akan membantu penulis dalam merancang konten buku ajar yang mendukung pembelajaran yang efektif.
  3. Kurikulum dan Standar yaitu seorang penulis harus  mengetahui kurikulum dan standar pendidikan yang berlaku di wilayah atau negara yang bersangkutan agar buku ajar dapat sesuai dengan kebutuhan kurikulum dan memenuhi standar akademik yang ditetapkan 
  4. Karakter siswa,yaitu pemahaman tentang karakteristik siswa,seperti usia,tingkat pemahaman dan gaya belajar
  5. Metode Pembelajaran,yaitu mengetahui berbagai metode pembelajaran yang efektif dan efisien,
  6. Evaluasi Pembelajaran,seorang penulis harus memahami prinsip prinsip evaluasi pembelajaran untuk merancang aktivitas atau latihan yang relevan atau bermamfaat dalam mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan dalam buku ajar
  7. Tenologi dalam Pembelajaran,seorang penulis harus mempertimbangkan integrasi teknologi dalam penyusunan materi buku ajar agar tetap relevan dan menarik bagi pembelajar.
Riset tentang penggunaan AI dalam pendidikan,melalui riset,penulis dapat mengidentifikasi tren terbaru dalam penggunaan AI dalam pendidikan.Riset membantu penulis mengidentifikasi aplikasi AI yang paling relevan dan bermamfaat dalam konteks pendidikan,yakni mencakup penggunaan chatbot untuk memberikan bantuan pembelajaran,analisis data untuk personalisasi pembelajaran dll.

Riset membantu penulis menemukan studi kasus yang emnunjukan efektivitas dampak penggunaan AI dalam pendidikan,selain itu juga membantu penulis dalam mengevaluasi resiko dan tantangan  yang terkait dengan penggunaan AI  dalam pendidikan.

Langkah awal dalam proses penulisan buku ajar adalah 
  • Mengidentifikasi topikyang relevan dengan tujuan buku ajar
  • Mempertimbangkan kebutuhan dan minat siswa 
  • Menetapkan tujuan yang jelas untuk buku tersebut
  • Mempertimbangkan tren dan perkembangan terkini dalam penggunaan AI  dalam pendidikan 
  • Mengklarifikasi lingkup buku menetapkan batasan topik yang akan dibahas
Struktur dan konten yang terdiri dari ;
  1. Kerangka isi,yang menjadi panduan dasar dalam menyusun konten buku dan memastikan topik topik yang relevan tercakup secara menyeluruh
  2. Bab dab sub bab,harus dipilih dengan cermat untuk mencakup berbagai aspek penting dari topik yang dibahas
  3. Untuk memperjelas konsep dan mengilustrasikan aplikasi praktis dari konsep AI  dalam konteks pendidikan,seorang penulis harus menyertakan contoh studi kasus dalam setiap bab
  4. Penyesuaian dengan kebutuhan audiens; struktur dan konten buku jar harus disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa.
Penggunaan teknologi AI dalam penulisan mengacu pada pemamfaatan berbagai alat dan teknologi keberdasan buatan untuk memfasilitasi proses penulisan.Teknologi AI dalam penulisan mengacu pada pemamfaatan berbagai alat dan teknologi kecerdasan buatan dalam untuk memfasilitasi proses penulisan .

Penggunaan media pendukung dalam dalam buu ajar adalah strategi penting untuk meningkatkan pemahaman pembaca terhadap konsep konsep AI,dan mengilustrasikan aplikasinnya dalam konteks pendidikan.

Sebelum dipublikasikan,sebuah buku harus melalui pengujian dan evaluasi guna menguji kualitass dan efektifitasnya.Tahap penting lainnya dalam penyusunan  buku ajar adalah penyuntingan dan revisi hal ini dilakukan agar materi yang disajikan memenuhi standar kualitas yang tinggi dan dapat dipahami dengan baik oleh pembaca.Dan tahap yang paling akhir dari pembuatan buku ajar adalah proses penerbitan dan distribusi.

Demikian lah resume saya dari pertemuan ke 5.Begitu banyak ilmu yang saya dapat dari pertemuan kali ini,ternyata ada teknologi yang sangat cerdas yang bisa kita mamfaatkan dalam proses belajar mengajar dan tentunya sangat relevan dengan kebutuhan kita saat ini.



   "Apabila kamu telah selesai dengan sesuatu urusan,maka segera kerjakan urusan yang lain"
                                                                           (NDY)

10 komentar:

Technical Meeting Peserta KmL Wilayah utara

  Hari ini tanggal 1 Juni bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila,panitia KML melaksanakan technical meeting.Kegiatan KML ini dilaksanakan...