Senin, 29 April 2024

 

RESUME PERTEMUAN KE 3 KBMN PGRI GELOMBANG 31

Oleh : Cicin Resnawati


 

 

Hari Senin,29 April 2024,atau senin terakhir dibulan april adalah pertemuan ke tiga KBMN PGRI Gelomang 31.Pertemuan kali ini dipandu oleh moderator ibu Purbaniasita atau yang biasa dipanggil Sita beliau adalah alumni KBMN gelombang 26,serta narasumber ibu Raliyanti,S.So,S.Kom.,M.Pd.Tema yang disngkst dalam pertemuan kali ini adalah TEKNIK PENULISAN RESUME

Acara hari ini dibagi menjadi 4 sesi yaitu :

  1. Pembukaan
  2. Pemaparan materi
  3. Tanya jawab
  4. Penutup

Materi kali ini sangat menarik,karena apa? Karena materi kali ini erat kaitanya dengan tugas peserta yang harus menuliskan resume dari setiap pertemuan.Malam ini kita  akan belajar bagaimana penulisan resume yang baik,trik membuat resume dengan cepat di blog dan tentunya bebas dari plagiarisme.

Pengertian resume itu sendiri adalah ringkasan atau rangkuman dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang.Jadi,dalam resume kita hanya menuliskan intisari atau pokok informasi tapi tidak menghilangkan detail atau bagian penting dari tulisan tersebut.

Ibu narasumber juga menjelaskan,ada dua point hal yang harus diperhatikan  dalam menulis resume yaitu,menulis resume dengan paragraf pendek pendek dan tulislah pernyataan narasumber dengan bahasa sendiri.Dan dari pemaparan beliau yang sangat detail tersebut ada satu pernyataan yang sangat menarik yaitu kita harus menulis dengan percaya diri,karena percaya diri seseorang akan tersirat dalam kata kata yang dituliskan.

Resume bisa dijadikan sebuah buku,dengan cara sebagai berikut:

  • Kita harus membuat TOC atau daftar isi
  • Pilih beberapa resume yang akan dijadikan buku
  • Pindahkan ke ms word
  • Rapikan;dan
  • Cari penerbit
Maka,jadilah sebuah buku yang dihasilkan dari kumpulan beberapa resume.

Untuk menjadi seorang penulis yang luar biasa,selain percaya diri kita juga harus mau membaca tulisan atau karya orang lain,karena dengan membaca karya orang lain kita dapat mengambil mamfaat dan pelajaran untuk semakin menambah keterampilan menulis kita.

Semoga dari setiap hal yang kita pelajari akan membawa kita menuju lebih baik,sama halnya setelah kita mempelajari bagaimana cara menulis resume dengan baik,akan menghasilkan  resume resume yang baik,berbobot,bebas plagiarisme dan cepat tentunya.

 

"Pendidikan adalah bekal terbaik untuk perjalanan hidup."

(Aristoteles)

14 komentar:

Technical Meeting Peserta KmL Wilayah utara

  Hari ini tanggal 1 Juni bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila,panitia KML melaksanakan technical meeting.Kegiatan KML ini dilaksanakan...