Minggu, 16 April 2023

 

Jurnal Refleksi Modul 3.1

Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai Nilai Kebajikan Seorang Pemimpin



Oleh : Cicin Resnawati

Calon Guru Penggerak Angkatan 7

Kabupaten Garut

Jurnal Refleksi ini menggunakan Model 5R (Reporting, Responding, Relating, Reasoning, Reconstructing).

Jurnal refleksi ini saya buat untuk mendokumentasikan perasaan, pengalaman, ide / gagasan, pengalaman dan praktik baik selama mempelajari modul 3.1. Refleksi menggunakan model 6 yaitu model 5R (Reporting, Responding, Relating, Reasoning, Reconstructing).

REPORTING (MENDESKRIPSIKAN)

Mendeskripsikan atau menceritakan ulang peristiwa yang terjadi.Sebelum mempelajari modul 3.1 terlebih dahulu CGP mengerjakan Pretest pada tanggal 31 Maret 2023.

Sama hal dengan modul sebelumnya,pada modul 3.1 ini pun CGP belajar melalui alur MERDEKA.Mulai dari Diri dan Eksplorasi konsep-Mandiri mulai dikerjakan pada tanggal 31 Maret,dilanjutkan dengan Eksplorasi Konsep – Forum Diskusi dilakukan pada hari Senin tanggal 3 dan 4 April 20223,dilanjutkan dengan Ruang Kolaborasi pada tanggal 5 dan 10 April,di tanggal 6 April dilaksanakan Pendampingan Individu serta Lokakarya 4 ditanggal 8 April,selanjutnya di Demontrasi Kontekstual Cgp harus mewawancarai 2-3 orang kepala sekolah dan menganalisis hasil wawancara tersebut dimana batas pengumpulan terakhirnya tanggal 17 April.Elaborasi pemahaman dan Koneksi Antar Materi ditanggal 14 April 2023 dan diakhiri dengan Aksi Nyata pada tanggal 17 April 2023.

Dengan alur pembelajaran MERDEKA pada modul 3.1 ini saya belajar tentang pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai pemimpin. Saya belajar bagaimana mengambil keputusan sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah. Ada beberapa contoh kasus  disajikan dalam modul ini, dari kasus tersebut CGP belajar mempraktikkan dan menganalisis, sehingga bisa memahami apakah suatu kasus tersebut termasuk dilema etika atau bujukan moral.

Dengan mempelajari modul ini saya menjadi paham, bahwa sebagai pemimpin untuk mengambil satu keputusan dibutuhkan proses yang panjang. Keputusan harus memperhatikan 4 paradigma pengambilan keputusan, tidak meninggalkan 3 prinsip pengambilan keputusan, serta mengikuti 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Sehingga keputusan yang diambil adalah keputusan yang dapat dipertanggung jawabkan dan berpihak kepada murid.

RESPONDING (MERESPON)

Menjabarkan tanggapan yang diberikan dalam menghadapi peristiwa yang diceritakan, misalnya melalui pemberian opini, pertanyaan, ataupun tindakan yang diambil saat peristiwa berlangsung.Materi dalam modul 3.1 ini bagi saya adalah sesuatu yang baru. Saya sangat senang dapat mempelajarinya, karena ini adalah pengetahuan yang sangat penting dan sangat saya butuhkan berkaitan dengan profesi saya sebagai guru atau pemimpin pembelajaran di kelas.

Sebagai pemimpin pembelajaran tidak jarang saya berhadapan dengan situasi yang membingungkan, harus memilih dua hal yang sering membuat saya dilema, mau memilih satu atau yang lainnya. Butuh waktu yang lama untuk mengambil keputusan. Belum lagi setelah memutuskan saya akan diliputi rasa kurang percaya diri.

Setelah mempelajari modul 3.1 ini, saya mendapat pengetahuan baru yang bisa saya jadikan dasar atau landasan dalam mengambil keputusan. Dengan mengikuti paradigma, prinsip dan langkah-langkah pengambilan keputusan saya menjadi lebih percaya diri dan menjadi yakin bahwa keputusan yang akan saya ambil adalah keputusan yang tepat dan bermanfaat serta tidak merugikan pihak lain. Karena sesuai dengan konsep dan dasar pengambilan keputusan yang jelas.

RELATING ( MENGAITKAN )

Menghubungkan kaitan antara peristiwa dengan pengethuan, ketrampilan, keyakinan atau informasi yang dimiliki.

 

Ilmu dan pengalaman dalam mengambil suatu keputusan yang saya dapatkan dari modul 3.1 ini sangat penting, karena dapat memperkuat dan meningkatkan kemampuan saya dalam memutuskan sesuatu. Saya mempelajari dan mempraktikkan dengan  menganalisis kasus-kasus yang dipaparkan dalam modul secara individu maupun berkolaborasi dengan teman sesama CGP maupun mempraktikkannya di kelas atau di sekolah.

Jika selama ini dalam mengambil suatu keputusan saya lebih banyak mengandalkan intuisi atau berkonsultasi dengan sesama teman yang lebih berpengalaman, tanpa memperhatikan paradigma, prinsip dan tanpa melewati langkah pengambilan dan pengujian keputusan, maka saat ini saya telah mengetahui konsep dan pola pengambilan keputusan yang benar dan efektif, Namun, saya masih perlu dan akan terus berlatih, agar ketrampilan pengambilan keputusan yang saya miliki semakin meningkat.

REASONING (MENGANALISIS)

Menganalisis dengan detail mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi, lalu mengambil beberapa perseptif lain, misalnya dari teori atau kejadian lain yang serupa untuk mendukung analisis tersebut.

Pengambilan keputusan adalah suatu proses, untuk melaksanakannya dibutuhkan informasi atau data atau fakta yang akurat sebagai acuan atau dasar. Semakin banyak informasi yang didapat, maka akan semakin membantu memudahkan dalam pelaksanaan pengambilan keputusan. Disamping informasi, data atau fakta dibutuhkan pula waktu untuk menganalisis dan menguji keputusan yang akan diambil.

Agar memiliki pemahaman yang mendalam tentang cara dan langkah untuk dapat mengambil keputusan terbaik, sebagai pemimpin pembelajaran diperlukan ketrampilan khusus. Untuk itu saya akan terus berlatih menganalisis suatu kasus, sehingga mampu membedakan apakah kasus tersebut termasuk dilema etika ataukah bujukan moral. Dengan begitu akan memudahkan saya melakukan tahap berikutnya dalam pengambilan keputusan.

RECONSTRUCTING (MERANCANG ULANG)

Menuliskan rencana alternative jika menghadapi kejadian serupa di masa mendatang.

Berkat mempelajari  modul 3.1 ini, cara pandang saya tentang pengambilan suatu keputusan mengalami perubahan. Untuk satu keputusan saya harus melalui berbagai pertimbangan, memperhatikan nilai-nilai kebajikan, keperpihakan, terciptanya lingkungan yang kondusif, nyaman dan aman, menerapkan paradigma, prinsip, dan langkah-langkah pengambilan keputusan, sehingga keputusan yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan dan memenuhi kebutuhan belajar murid.

 

Setelah saya memperoleh ilmu dan konsep tentang pengambilan keputusan dari modul 3.1 ini, rencana ke depan saya adalah:

·       Menerapkan ilmu dan konsep yang saya dapatkan dari modul ini dalam kehidupan nyata di sekolah,

·       Terus belajar meningkatkan ketrampilan  dalam mengambil suatu keputusan.

·       Saling berbagi dan berkolaborasi dengan teman sejawat mengenai pengambilan keputusan.

Saya berharap di masa mendatang dalam mengambilan sebuah keputusan, akan lebih bijaksana, lebih terampil, hingga keputusan yang diambil adalah keputusan yang tepat dan efektif, dapat dipertanggungjawabkan serta berpihak pada murid. Begitupun dengan teman-teman sejawat di sekolah saya maupun seluruh guru di negara kita tercinta ini. Semoga.

 

Semoga bermanfaat

Tergerak,Bergerak dan Menggerkan

Salam Guru Penggerak

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Technical Meeting Peserta KmL Wilayah utara

  Hari ini tanggal 1 Juni bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila,panitia KML melaksanakan technical meeting.Kegiatan KML ini dilaksanakan...