Sabtu, 05 November 2022

 

JURNAL DWI MINGGUAN

CICIN RESNAWATI_CPG_ANGKATAN 7

 

Puji dan syukur saya sembahkan kehadirat allah SWT,karena karena kuasa Nya lah kita sampai ketahap ini serta berada diantara guru guru hebat yang sama sama memilki keinginan kuat untuk terus belajar dan memperbaiki kualitas pendidikan di negara kita,sehingga anak didik kita memiliki keterampilan  abad 21.Keterampilan tersebut yaitu keterampilan  4C yang terdiri dari Critical Thinking,Creative Thinking,Communication,dan Collaboration

Pada refleksi kali ini izin kan saya menyempaikan beberapa hal,diantaranya :

v  Facts (Peristiwa)

Dalam minggu ini banyak hal yang saya pelajari,seperti pembelajaran yang menghamba pada murid dimana kita sebagai guru menjadi fasilitator yang membimbing anak anak didik kita untuk berkembang sesuai potensi yang dimiliki oleh diri mereka masing masing.Untuk mengimplementasikan filosofi Ki Hajar Dewantara ini,saya mencoba menerap kan pembelajaran Cooperatif learning di kelas,dimana anak anak dibentuk dalam beberapa kelompok yang satu kelompok nya terdiri dari 4 orang anak,yanng memiliki kemampuan berbeda juga gender yang berbeda,pada saat pembagian kelompok banyak anak yang tidak mau satu kelompok dengan salah satu temannya karena berbagai alasan,misalnya tidak terlalu akrab atau temannya tersebut dikenal sebagai anak yang pendiam juga memiliki kemampuan akademik kurang.Sebagai fasilitator saya menjaelaskan pada mereka bahwa dalam kelas kita ini semua adalah keluarga,maka dari itu setiap anggota keluarga harus saling membantu kesulitan masing masing.Akhirnya mereka pun bisa menerima angggota kelompok mereaka yang baru.Masalah tidak selesai sampai di situ,pada saat pemberian nama kelompok, mereka juga berdebat dan memaksakan agar nama yang mereka berikan yang dipakai untuk kelompok mereka, saya memberikan pilihan agar mereka memilih dua dari empat nama,lalu memlih dua nama tersebut dengan cara voting atau suara terbanyak yang nanti nama tersebut akan menjadi nama kelompok meraka.

v  Felling (Perasaan )

Perasaan saya saat menerapkan aksi nyata dalam kelas,sangat senang dan merasa tertantang untuk melakukan hal serupa dengan hasil yang lebih baik tentunya,anak anak pun terlihat lebih bahagia dan aktif selama proses pembelajaran,mereka terlihat bebas mengeluarkan ide dan ekspresinya masing masing.

v  Findings (Pembelajaran )

Pelajaran yang saya dapat selam proses diskusi ini adalah saya dapat menemukan hal hal baru misalnya,ternyata anak anak yang kita kira mereka kurang dalam kemempuan akademik,ternyata mereka mampu mengeluarkan ide ide yang menakjubkan.Benar yang Ki Hajar Dewantara katakan bahwa setiap anak mempunyai warna masing masing walaupun samar dan tugas kita sebagai guru untuk menebalkannya.

v  Future (Penerapan )

Tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini,saya akan mempersiapkan segala halnya agar lebih matang sehingga mendapatkan hasil yang maksimal,serta saya akan lebih memfasilitasi mereka agar mereka lebih nyaman dalam mengeluarkan gagasan dan ide.

 

Itulah refleksi saya minggu ini .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Technical Meeting Peserta KmL Wilayah utara

  Hari ini tanggal 1 Juni bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila,panitia KML melaksanakan technical meeting.Kegiatan KML ini dilaksanakan...